Thursday 25 November 2010

Apa itu RSS, dan apa manfaatnya?

apa yang dimaksud dengan RSS?
Menurut Wikipedia (http://id.wikipedia.org/wiki/RSS), RSS adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (diantaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog.

Singkatan ini biasanya mengarah kepada:
  1. Rich Site Summary (RSS 0.91)
  2. RDF Site Summary (RSS 0.9 dan RSS 1.0)
  3. Really Simple Sindication (RSS 2.0)
Teknologi yang dibangun RSS mengijinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler. Untuk memanfaatkan teknologi ini kita membutuhkan layanan pengumpul (lihat daftar pengumpulnya). Pengumpul bisa diibaratkan sebagai kotak surat pribadi. Kita kemudian dapat mendaftar ke situs yang ingin kita tahu perubahannya. Layanan ini diberikan secara gratis, alias tidak usah bayar. Namun, kita biasanya hanya mendapatkan satu atau beberapa baris yang merupakan judul atau pengantar dari isi situs beserta dengan alamat (link) terkait agar kita bisa membaca isi lengkap artikelnya.

RSS digunakan pada hampir setiap situs berita atau weblog, dengan berbagai tujuan. diantaranya: pemasaran, press release, laporan reguler produk, atau aktivitas lain yang memerlukan pemberitahuan periodik, serta publikasi.

Sebuah web yang menyediakan umpan RSS biasanya ada link berupa tombol

Sebagai Contoh:
pada blog ini Anda bisa berlangganan artikel saya melalui umpan RSS yang tersedia di kanan blog dengan tampilan seperti berikut:
Lalu klik pada pilihan Atom, seperti pada tampilan berikut:
Mudahkan? jangan lupa subscribe ya....

Untuk memudahkan anda memahami feed RSS, maka saya menampilkan contoh penggunaan feed RSS itu di blog ini.
Lihatlah pada tampilan kanan blog ini, seperti yang tampil berikut ini:

Aritkel itu saya langgan dari fasilitas feed RSS pada web Perkembangan Anak dengan alamat http://www.perkembangananak.co.in/ yang merupakan sebuah web milik saya sendiri. Sehingga pengunjung blog ini yang mempunyai ketertarikan dengan anak dapat membaca artikelnya.

Semoga bermanfaat...!!

No comments:

Post a Comment


Silahkan tinggalkan komentar Anda